Selamat Datang di Blog Belajar dan Berbagi Bersama Dwi Reni

Rabu, 17 November 2021

Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak






Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman, aktif dan proaktif menggerakkan guru lain untuk mengimplementasikan pondasi pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu pembelajaran yang berpihak pada murid.

Apa yang anda pahami tentang nilai dan peran guru penggerak?
Nilai Guru Penggerak: Mandiri, Reflektif, Inovatif, Kolaboratif, Berpihak pada anak
Nilai -nilai yang terbentuk pada diri seorang Guru penggerak harus di tempa melalui pembiasaan yang terus menerus sehingga nilai tersebut dapat melekat kuat dalam diri Guru penggerak dan menumbuhkan keteladanan bagi peserta didik
Peran Guru Penggerak
1. Sebagai Pemimpin Pembelajaran
2. Menggerakkan Komunitas Praktisi
3. Menjadi Coach bagi Guru Lain
4. Mendorong Kolaborasi antar Guru
5. Mewujudkan Kepemimpinan Murid
Nilai dan peran guru penggerak adalah satu kesatuan yang saling mendukung dan merupakan kompetensi yang harus dimiliki seorang guru penggerak sebagai agen transformasi pendidikan untuk mewujudkan kemerdekaan belajar sehingga peserta didik menjadi pelajar berkarakter Pancasila



Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara?
Ya, ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara
Dalam filosofi Ki Hadjar Dewantara, tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada yaitu kodrat alam dan kodrat zaman pada diri anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setiggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Filosofi tersebut berkaitan dengan nilai berpihak pada murid dan peran mewujudkan kepemimpinan pada murid. Sehingga ketika guru menuntun segala kodrat yang dimiliki oleh anak dengan nilai berpihak pada murid maka sekaligus guru tersebut sudah melaksanakan perannya untuk mewujudkan kepemimpinan pada murid sehingga dengan memahami nilai dan peran tersebut, maka akan terwujud profil pelajar Pancasila

Strategi apa yang dilakukan untuk mencapai nilai tersebut?
1. Mandiri : Berkomitmen tinggi, selalu memotivasi diri berkembang lebih baik, optimis,
2. Inovatif : Berani berkarya, mencoba hal-hal baru, merancang pembelajaran yang menyenangkan
3. Berpihak pada murid : Mengembangkan kompetensi yang dimiliki murid sesuai bakat, minat dan potensinya, bersikap among

Siapa saja pihak-pihak yang terlibat?

1. Kepala sekolah sebagai fasilitator dan motivator
2. Teman sejawat sebagai partner/mitra kolaborasi
3. Peserta didik sebagai mitra/teman dan sumber refleksi
4. Diri Sendiri sebagai eksekutor.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2.1.a.10 Aksi Nyata_Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

  A. Latar belakang Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid ses...